Moms Harus Perhatikan Ini Sebelum Memilih Nanny untuk Anak

Tips Memilih Nanny

Time to read: 5 menit

Mengurus anak memang bukan hal yang mudah, apalagi jika Moms adalah seorang wanita karir yang harus bekerja diluar rumah. Tidak jarang jasa pengasuh anak akan sangat dibutuhkan untuk mengurus kebutuhan hariannya. Meski pasti Moms tidak tega rasanya bila harus meninggalkan Si Kecil bersama pengasuhnya. Banyak faktor yang perlu diperhatikan sebelum Moms memutuskan siapa yang akan menjadi pengasuh. Berikut beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum memilih pengasuh anak. 

Pengalaman Mengasuh Anak

Sebelum memutuskan untuk mempekerjakan pengasuh anak, Moms harus mengecek latar belakangnya terlebih dahulu. Moms harus punya daftar penilaian sendiri. Tidak hanya dilihat dari segi penampilan, walaupun penampilan yang baik cukup mewakili perangai luar namun, poin utamanya adalah apakah pengasuh anak tersebut memiliki latar belakang serta pengalaman mengurus anak. Moms pasti akan lebih tenang nantinya saat meninggalkan Si Kecil karena tau bahwa si pengasuh sudah tau bagaimana harus merawatnya.
Baca Juga : Ini Dia Bedanya Babysitter, Nanny, dan Governess. Moms Jangan Sampai Salah Ya!

Background Pendidikan

Sepertinya masih banyak diluar sana seorang pengasuh yang tidak memiliki latar belakang pendidikan seorang pengasuh. Banyak dari mereka yang hanya seorang ART lalu ditugaskan juga untuk menjaga Si Kecil, akibatnya, Si Kecil menjadi korban akibat salah penanganan dari pengasuhnya. Pilihlah pengasuh dari agensi terpercaya, karena rata-rata mereka memiliki kualifikasi perawat minimal dari sekolah kesehatan. Jangan sampai Moms meninggalkan Si Kecil pada orang yang tidak bertanggung jawab dan tidak kompeten.

Wawancara

Setelah Moms mendapatkan informasi calon pengasuh, mintalah untuk melakukan wawancara. Wawancara dapat dilakukan secara tatap muka atau secara online tergantung kebutuhan Moms. Tanyakan beberapa hal terkait perilaku anak. Setidaknya ada 4 hal yang bisa Moms tanyakan kepada calon pengasuh anak.

1. Bagaimana cara menangani anak yang mudah marah?

Bagaimana cara menangani anak yang mudah marah?

Perilaku Si Kecil yang mudah marah kadang bisa membuat siapa saja jengkel. Bagaimana respon dari calon pengasuh, Moms bisa tanyakan bagaimana ia akan merespon agar Si Kecil bisa tenang dan bermain kembali.

2. Apa yang dilakukan jika Si Kecil suka menangis?

Apa yang dilakukan jika Si Kecil suka menangis?

Si Kecil pasti masih suka menangis bila Moms tinggal bekerja. Jawaban si calon pengasuh bisa menjadi bahan pertimbangan bagaimana ia akan menanganinya. Bila jawabannya sesuai dengan yang Moms harapkan, Moms bisa melanjutkan prosesnya apabila tidak maka jangan dilanjutkan.

3. Kegiatan apa yang akan dilakukan bersama Si Kecil dalam satu hari?

Kegiatan apa yang akan dilakukan bersama Si Kecil dalam satu hari?

Moms pasti khawatir kan jika harus meninggalkan Si Kecil seharian bersama pengasuh. Moms bisa tanyakan kegiatan apa yang akan dilakukannya seharian. Dari sini, Moms bisa menilai kreativitasnya dalam mengasuh anak. Apakah Si Kecil akan seharian duduk di sofa menonton TV agar anteng atau mengajaknya bermain. Tanyakan juga permainan apa yang diketahui dan biasa dimainkan bersama anak-anak.

Baca Juga : Dirumah Saja, Lakukan 5 Hal Ini Agar Si Kecil Tidak Mudah Bosan

4. Bagaimana bila Si Kecil berlaku tidak sopan?

Bagaimana bila Si Kecil berlaku tidak sopan?

Kesabaran adalah kunci dalam merawat anak-anak. Pasti ada saja kelakuan jahil yang dilakukan anak-anak. Memiliki keahlian mengatur emosi yang baik termasuk poin penting. Lalu, Moms bisa tanyakan tindakan apa yang akan dilakukan agar si kecil menurut?

Dari keempat pernyataan diatas, Moms bisa memberikan penilaian dari jawaban mereka apakah calon pengasuh tersebut layak untuk dipekerjakan atau tidak. Ingat! Moms harus selektif dalam memilih. Percaya insting bila dirasa jawaban mereka terlalu mengada-ada. Cocokan informasi dari calon pengasuh ke agensi bila dirasa perlu.

Nannycare sebagai salah satu agensi penyalur pengasuh anak terpercaya dapat Moms andalkan untuk membantu segala kebutuhan si kecil dirumah. Pengasuh – pengasuh kami telah melalui proses seleksi dan dididik untuk menjadi tenaga pengasuh profesional. 

Nannycare tidak hanya menyediakan layanan pengasuh anak balita, berikut daftar layanan kami:

1. Nanny

Nanny merupakan layanan pengasuh dari Nannycare.id untuk merawat anak balita usia 1 sampai 5 tahun, dengan kriteria pendidikan minimal SMA Sederajat.

2. Governess

Berikutnya, yang kedua adalah layanan pengasuh Governess untuk anak usia 5 sampai 12 tahun dengan latar belakang pendidikan minimal Diploma atau Sarjana untuk membantu mendukung kegiatan Si Kecil yang aktif.

3. Newborn Care

Layanan ketiga dari Nannycare.id adalah layanan yang dikhususkan untuk merawat anak baru lahir dengan latar belakang pendidikan minimal Diploma Kebidanan .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pesan Sekarang