Tips

Moms, Begini Cara Memandikan Bayi Baru Lahir Yang Benar

Time to read: 3 menit

Menjadi seorang ibu merupakan pekerjaan termahal di dunia, karena bayarannya adalah kasih sayang sepanjang masa. Dan seorang ibu juga dituntut untuk memiliki kemampuan-kemampuan dalam merawat bayi, yang salah satunya adalah kemampuan memandikan bayi.

Cara memandikan bayi baru lahir adalah hal penting yang harus dikuasai. Namun pada kenyataannya, beberapa ibu muda umumnya masih gugup ketika memandikan bayi.

Tubuh bayi yang masih begitu rentan dan rapuh seringkali membuat kekhawatiran para ibu meningkat. Akan tetapi, seiring berjalannya waktu, Moms akan mulai terbiasa dengan aktivitas memandikan bayi, malah nantinya bisa sangat menikmati aktivitas ini.

Baca Juga : Cara Merawat Bayi Baru Lahir

Sebagai ibu pemula, hal pertama yang harus diperhatikan adalah memilih waktu yang tepat untuk memandikan bayi dimana Moms memang sedang tidak melakukan hal lain. Hal ini penitng utnuk diperhatikan karena Moms tidak boleh sedetikpun meninggalkan bayi sendirian saat mandi.

Sebelum mulai memandikan bayi, terdapat beberapa perlengkapan yang mandi bayi yang harus Moms siapkan terlebih dahulu agar mudah dijangkau saat dibutuhkan.

  • Waslap lembut dan bersih.
  • Bak mandi bayi. Pastikan memilih bak mandi yang tidak terlalu dalam dan tidak licin.
  • Sabun dan shampo khusus bayi. Penggunaan sabun sebenarnya tidak disarankan untuk memandikan bayi karena dapat menyebabkan kulit kering dan iritasi. Bila memang membutuhkan sabun, Moms bisa memilih sabun dengan label soap-free.
  • Kain atau handuk lembut untuk menyeka tubuh bayi sehabis mandi.
  • Popok
  • Pakaian ganti
  • Air bersih. Pastikan suhu air tidak terlalu panas atau terlalu dingin

Baca Juga : 8 Perlengkapan Bayi Baru Lahir Yang Wajib Ada Dirumah

Cara Tepat Dan Aman Memandikan Bayi Baru Lahir Yang Tali Pusarnya Belum Terlepas

Bayi yang baru berusia 1-3 minggu tali pusarnya biasanya belum terlepas. Cara memandikannya tidak bisa disamakan dengan bayi yang sudah terlepas tali pusarnya. Moms harus memastikan tali pusar dalam keadaan kering dan bersih agar tidak mudah terkena infeksi.

Lalu, apa saja langkah-langkah yang harus dilakukan untuk memandikan bayi pertama kali yang tali pusarnya belum terlepas? Simak lebih lengkapnya dibawah ini.

1. Baringkan bayi di tempat yang memiliki permukaan datar. Moms bisa menggunakan meja biasa atau meja ganti popok. Jangan lupa untuk mengalasi bagian atas meja dengan kain atau handuk yang lembut.

2. Setelah membaringkan bayi, ambil waslap yang tidak terlalu basah, lalu usapkan ke tubuh bayi dengan lembut. Mulai dari area kepala, lalu lanjut ke area dada, punggung sampai kaki.

3. Setelah selesai membasuh tubuhnya, selanjutnya adalah membersihkan bagian kelopak matanya. Siapkan 2 kapas lembut yang tidak memiliki banyak serat, lalu usapkan kapas pada ujung mata kearah luar. Lakukan ini pada kedua mata bayi dan pastikan Moms tidak terlalu menekan wajah bayi.

Baca Juga : 5 Bahaya Yang Mengancam Kesehatan Bayi Akibat Sering Dicium

4. Bersihkan setiap bagian tubuh bayi. Sela-sela tubuh seperti leher, ketiak, belakang telinga serta lutut bagian belakang terkadang  sering luput dari perhatian.

5. Langkah terakhir adalah membersihkan organ intim bayi dan pantat bayi. Mulailah menyeka air dari depan ke belakang. Angkat bayi menggunakan kedua tangan setelah itu bungkus dengan handuk kering. Pastikan organ intimnya bersih dan tidak ada kotoran yang tertinggal ya Moms.

6. Setelah tubuh bayi benar-benar bersih, seka tubuhnya sampai kering dengan handuk lembut. Setelah tubuhnya kering, segera pakaikan popok dan baju untuk menjaga tubuhnya tetap hangat.

Cara Tepat Dan Aman Memandikan Bayi Baru Lahir Yang Tali Pusarnya Sudah Terlepas

Setelah tali pusar bayi terlepas, Moms bisa memandikan bayi di bak mandi. Berikut cara memandikan bayi dengan benar dan aman: 

1. Siapkan bak mandi yang sudah terisi air, kira-kira 5-8 cm. Disaranakn untuk menggunakan air hangat dengan suhu kira-kira 37-38 derajat celcius.

2. Buka pakaian bayi dengan hati-hati dan tahan leher serta kepalanya dengan lembut. Setelah itu, segera meletakkan bayi ke dalam bak yang sudah diisi air.

3. Basuh bayi dengan waslap lembut atau bisa langsung membasuh bayi dengan air menggunakan tangan. Gunakan satu tangan untuk membasuhnya mulai dari atas kepala, leher dan bagian tubuh lainnya, sedangkan tangan yang satunya digunakan untuk menopang tubuh bayi. Dan jangan lupa untuk membersihkan bagian lipatan tubuh bayi ya Moms.

Baca Juga : Yuk, Intip Tahapan Perkembangan Janin Selama Dalam Kandungan

4.  Perhatikan waktu mandinya. Bayi tidak perlu dimandikan lama-lama, cukup 5 menit saja atau kurang dari itu. Madni terlalu lama bisa menyebabkan bayi kedinginan dan membuat kulitnya keriput.

5. Angkat bayi dari bak mandi dan letakkan ia pada tempat yang datar. Segera balut tubuh bayi dengan handuk lembut setelah keluar dari air.

6. Setelah tubuhnya kering, Moms bisa mengoleskan tubuhnya dengan lotion khusus bayi untuk melembabkan kulit bayi. Bagian pantat bayi sering terkena ruam popok, oleh karena itu, Moms bisa mengoleksan lotion di daerah tersebut, juga gunakan bedak untuk membantu menyerap keringat.

7. Usapkan minyak telon pada tubuh bayi untuk menjaganya tetap hangat dan terlindung dari gigitan nyamuk.

8. Yang terakhir, pakaikan bayi popok dan baju yang telah disiapkan.

Kapan Waktu Yang Tepat Untuk Memandikan Bayi Baru Lahir?

Mengenai kapan waktu yang tepat untuk memandikan bayi, sebaiknya hindari memandikan bayi setelah minum ASI.  Memandikan bayi tepat setelah minum asi hanya akan membuatnya perutnya tertekan yang bisa menyebabkan bayi muntah.

Jika ingin memandikan bayi, sebaiknya pilih waktu yang senggang agar Moms bisa fokus pada bayi. Moms bisa memilih waktu pagi atau sore hari.

Baca Juga : Jangan Sampai Salah, Begini Cara Merawat Tali Pusar Si Kecil Agar Terhindar dari Infeksi

Perlu diketahui, memandikan bayi tidak perlu setiap hari ya Moms, karena bisa mengakibatkan kulit bayi kering. Bayi belum banyak terpapar debu dan kotoran, sehingga tidak perlu dimandikan setiap hari. Alih-alih memandikannya, Moms cukup menyeka wajah dan tubuh bayi dengan waslap untuk membuat bayi terlihat segar.

Nannycare.id adalah yayasan pengasuh anak terbaik di Indonesia. Terdapat 3 layanan dari nannycare yaitu : Nanny, Governess, Newborn Care. Pemesanan Cepat, Harga terbaik tanpa admin dan Garansi tak terbatas. Hubungi sekarang.

Postingan Lainnya

Tips Melakukan Perawatan Rambut Bayi Agar Tumbuh Sehat Dan Lebat

Moms, gemas bukan saat melihat bayi dengan rambut yang lebat dan sehat? Moms pastinya juga mau kan kalau rambut Si Kecil tumbuh sehat dan lebat seperti itu? Untuk tau rahasianya, baca terus ulasan diartikel ini ya Moms!

Ngidam Saat Hamil, Sebaiknya Dituruti Atau Dihindari?

Ngidam memang membuat ibu hamil memiliki keinginan besar untuk mengkonsumsi jenis makanan tertentu. Tapi ini bukan berarti Moms bisa makan semua jenis makanan tanpa aturan, lho! Justru saat hamil, sebaiknya Moms lebih berhati-hati dalam memilih jenis makanan.

Cara Menghilangkan Stretch Mark Setelah Melahirkan

Apakah Moms punya masalah dengan stretch mark? Guratan garis yang menghiasi permukaan kulit ini seakan sudah lama menjadi masalah bagi kaum ibu. Keberadaan stretch mark sering sekali dikeluhkan karena dianggap mengganggu keindahan dan dapat menurunkan kepercayaan diri. Tidak heran banyak para ibu yang ingin sekali menyingkirkannya.

Apa Itu Sugar Rush Pada Si Kecil? Ketahui Faktanya Disini

Siapa yang tidak suka makanan manis? Jenis makanan satu ini menjadi makanan yang paling disukai anak-anak, lho. Tapi katanya, jika Si Kecil makan terlalu banyak gula bisa membuatnya mengalami sugar rush. Benar gak sih? Yuk, langsung aja cek faktanya disini!

Tips Mencari Babysitter Infal Lebaran

Jelang lebaran, kebutuhan tenaga infal terbilang tinggi, seolah menjadi tren setiap tahunnya. Pekerja infal atau harian biasanya dibutuhkan untuk menggantikan babysitter yang sedang mengambil cuti lebaran. Berikut tips dalam mencari babysitter untuk Si Kecil menjelang lebaran Idul Fitri.