×

Mengenalkan Kebaikan Di Bulan Ramadhan Kepada Anak

mengenalkan kebaikan ramadhan pada anak

Mengenalkan Kebaikan Di Bulan Ramadhan Kepada Anak

Time to read: 3 menit

Bulan Ramadhan bukan hanya sekedar mengajarkan pada Si Kecil soal menahan lapar dan haus dari pagi hingga petang. Masih banyak hal baik yang bisa dilakukan di bulan penuh berkah dan ampunan ini. Setiap perbuatan baik yang dilakukan di bulan Ramadhan akan diganjar dengan pahala yang melimpah.

Dengan mengajarkan kebaikan kepada Si Kecil sejak dini, diharapkan nanti ia akan tumbuh menjadi pribadi yang tidak hanya luas pemikirannya tapi juga hatinya serta memiliki jiwa sosial tinggi. Maka dari itu, yuk Moms, mulai ajarkan kebaikan pada Si Kecil dimulai dengan hal-hal sederhana berikut ini.

Baca Juga : Tips Mengajari Anak Berpuasa Pertama Kali

Ragam kebaikan yang bisa diajarkan kepada anak selama bulan Ramadhan

Ragam kebaikan yang bisa diajarkan kepada anak selama bulan Ramadhan

1. Belajar berbagi kepada sesama

Sifat saling tolong-menolong serta berbagi kepada sesama harus ditanamkan sejak dini. Tumbuhkan rasa empati Si Kecil kepada orang lain. Moms bisa mengajak Si Kecil ke panti asuhan untuk berbuka puasa bersama mereka atau membawakan hidangan berbuka kepada tetangga terdekat.

Kegiatan seperti ini tidak hanya menumbuhkan rasa empati, tetapi juga dapat merangsang kecerdasan berbahasa, mengasah kecerdasan emosional dan melatih intuisinya dalam memecahkan masalah.

2. Memberi sedekah

Tidak semua orang lahir dengan kondisi sempurna. Bersedekah kepada mereka yang kurang beruntung mengajarkan Si Kecil untuk bersyukur atas rezeki yang dimilikinya serta rasa ikhlas ketika memberikan miliknya pada orang yang membutuhkan. Selain itu, manfaat bersedekah dapat menjauhkan sifat pelit saat dewasa nanti.

Baca Juga : Anak-Anak Sering Tergoda Saat Berpuasa? Lakukan 5 Cara Ini

3. Solat tarawih

Jika biasanya Si Kecil hanya mengenal solat fardhu (sholat 5 waktu), selama bulan Ramadhan Moms bisa mengajaknya untuk ikut sholat tarawih. Katakan kepada Si Kecil bahwa shalat tarawih itu special, karena hanya ada satu tahun sekali yaitu dibulan Ramadhan.

4. Membaca ayat suci Alquran

Bulan Ramadhan juga sebaiknya diisi dengan banyak membaca Alquran. Jika Si Kecil memang belum bisa membaca Alquran, Moms bisa mulai dengan mengenalkan huruf hijaiyah kepadanya dengan metode yang menyenangkan dengan flashcard ataupun dengan audio.

Anak usia 4 tahun sudah bisa mengenal bentuk huruf, jadi Moms bisa mulai sejak dini untuk mengenalkannya. Lalu seiring berjalannya waktu, Si Kecil akan semakin mahir dan naik tingkat mulai membaca Iqra sampai akhirnya bisa melafalkan bacaan Alquran dengan baik.

Dari sekian ragam kebaikan yang bisa dilakukan pada bulan Ramadhan, selama 1 bulan ini dianjurkan pula untuk berpuasa. Namun puasa untuk anak-anak berbeda dengan orang dewasa. Jika biasanya puasa dilakukan 1 hari penuh, anak-anak diberi kelonggaran berpuasa setengah hari karena masih tahap awal.

Mengajarkan puasa pada Si Kecil bukan tanpa manfaat, Moms bisa sambil menanamkan karakter positif kepadanya. Setiap orang tua tentu ingin anaknya tumbuh tidak hanya secara intelektual namun juga spiritual dan emosional bukan?

Lalu, apa saja manfaatnya? Berikut ini manfaat berpuasa untuk Si Kecil.

Manfaat puasa untuk anak

Manfaat puasa untuk anak

Melatih kedisiplinan

Agar Si Kecil bisa menjalankan puasanya dengan lancar, dibutuhkan kedisiplinan. Di bulan Ramadhan ini Si Kecil butuh menyesuaikan dirinya dengan waktu tidur, bangun tidur, makan dan ibadah.

– Melatih kesabaran

Saat puasa, Si Kecil tidak bisa langsung makan saat lapar dan minum semaunya, ia harus menunggu sampai waktu berbuka tiba. Selama menunggu waktu buka puasa inilah Si Kecil dilatih kesabarannya.

Melatih kejujuran

Si Kecil yang sedang belajar puasa seringkali tergoda untuk membatalkan puasa, sehingga kemungkinan ia berbohong bisa saja terjadi. Untuk melatih kejujuran Si Kecil, Moms bisa menjelaskan kepadanya bahwa kejujuran sebagai keutaman Ramadhan. Puasa atau tidaknya hanya ia dan allah saja yang tau, dengan ini Si Kecil akan terbiasa mendengarkan hati nuraninya ketika akan berbohong.

Katakan pada Si Kecil bahwa lebih baik ia jujur kalau memang tidak kuat berpuasa daripada berbohong. Jika dibiasakan berkata jujur sejak dini, tentu sifat ini akan terbawa sampai ia dewasa.

Post Comment

Pesan Sekarang