×

Jangan Takut Kotor, Ketahui Manfaat Sensory Play Untuk Si Kecil

manfaat sensory play

Jangan Takut Kotor, Ketahui Manfaat Sensory Play Untuk Si Kecil

Time to read: 4 menit

Dari sekian banyak kegiatan yang bisa dilakukan Si Kecil, bermain adalah hal yang paling ia sukai. Bermain bukan hanya menarik dan menyenangkan untuk dilakukan, namun juga bisa membantu Si Kecil dalam mengembangkan kreativitas, imajinasi, mengasah kemampuannya dalam memecahkan masalah serta mengasah panca indra.

Ada banyak jenis permainan yang bisa Si Kecil mainkan, salah satunya yaitu permainan sensory atau sensory play. Apakah Moms sudah mengenal permainan dengan metode yang satu ini? Kalau belum, ayo kita kenalan dulu!

Sensory play berasal dari dua kata, yaitu sense dan play. Kata sense memiliki banyak arti, namun dalam konteks ini diartikan sebagai 5 panca indra, yaitu indra penglihatan, penciuman, pendengaran, peraba dan perasa. Sedangkan play memiliki arti bermain. Jadi, sensory play merupakan permainan yang melibatkan lebih dari satu panca indra.

Manfaat sensory play untuk Si Kecil

Sensory play sangat bagus untuk Si Kecil, karena dengan mengeksplorasi lewat indra merupakan cara ia untuk memahami dan mempelajari dunia di sekitarnya. Lebih dari itu, sensory play ternyata memiliki segudang manfaat bagi tumbuh kembang Si Kecil.

– Mendorong perkembangan kognitif Si Kecil

Untuk mendorong perkembangan kognitifnya, dibutuhkan pengalaman dan simulasi. Pengalaman yang Si Kecil dapatkan akan direkam dan disimpan dalam otak untuk kemudian digunakan ketika ia menghadapi hal yang serupa. Dengan sensory play juga mengajarkan Si Kecil untuk berpikir kritis dan analitis.

– Mendorong stimulasi motorik halus dan motorik kasar Si Kecil

Motorik halus merupakan kemampuan yang melibatkan otot kecil dan koordinasi mata dan tangan, seperti meremas, tepuk tangan, dan memindahkan barang dari satu tangan ke tangan lainnya. Aktivitas bermain seringkali melibatkan semua anggota tubuh Si Kecil, seperti menendang, melompat, berjalan dan duduk. Dengan menggerakan anggota tubuh ini juga melatih motorik kasarnya.

– Mendorong kemampuan berbahasa dan komunikasi

Si Kecil seringkali kesulitan untuk menangkap makna suatu kata, misal cair, basah, kering, keras, lembut, lengket, licin dan lainnya. Permainan sensory akan membantunya memahami kata-kata tersebut lewat pengalaman. Misal bermain playdough yang memiliki tekstur lembut dan lengket, ia akan mudah memahaminya karena ia mengalami sendiri bagaimana tekstur play dough itu.

– Mendorong kreativitas dan pemecahan masalah

Sensory play dapat menggunakan berbagai macam jenis barang. Moms tinggal siapkan saja bahan yang akan digunakan, setelah itu biarkan ia bereksplorasi dan bereksperimen sendiri.

5 ide permainan sensory play

Setelah tau manfaat dari sensory play, sekarang Nanny Care ID mau kasih ide permainan sensori yang bisa Moms coba bersama Si Kecil dirumah. Permainan sensory seringkali agak berantakan bahkan tidak jarang membuat kotor. Tapi jangan dulu khawatir, karena kotor sebenarnya bermanfaat untuk meningkatkan imunitas secara alami. Dikutip dari berbagai sumber, berikut 5 ide sensory play untuk Moms dan Si Kecil.

1. Lets paint!

Lets paint! for sensory play

Ilustrasi gambar : freepik.com

Melukis bisa jadi kegiatan yang menyenangkan, karena ia bisa bebas berimajinasi. Siapkan cat warna dan wadah, kuas dan kanvas. Si Kecil bisa jadi lebih suka melukis menggunakan tangan ketimbang kuas. Jadi sebaiknya siapkan cat warna yang aman untuk anak dan mudah dibersihkan, karena pasti cat akan menempel pada bagian tubuhnya juga.

2. Water beads pond

Water beads pond for sensory play

Ilustrasi gambar : champagneandshimmer.com

Bermain dengan waterbeads bisa untuk mengasah kemampuan berpikir Si Kecil. sebelum bermain, water beads perlu ditaruh ke dalam air supaya mengembang. Setelah mengembang taruh lah dalam wadah. Setelah water beads ditaruh wadah, sebar beberapa mainan berukuran kecil kedalamnya. Biarkan Si Kecil mencari dan menggenggam, dan menyentuhnya.

3. Slime

Slime for sensory play

Ilustrasi gambar : freepik.com

Slime memiliki tekstur yang lengket dan lembut yang tentunya sangat menarik perhatian Si Kecil. Moms bisa membuatnya sendiri dirumah bersama Si Kecil. caranya mudah, tuangkan sabun cair kedalam mangkuk, campurkan tepung maizena sebanyak 500 gram, tuangkan air sedikit demi sedikit, lalu beri pewarna makanan (warna sesuai selera), terakhir aduk seperti adonan kue sampai warna merata.

4. Playdough

Playdough for sensory play

Ilustrasi gambar : freepik.com

Play dough dapat membantu mengembangkan kreativitas Si Kecil, karena dapat dengan mudah dibentuk. Moms bisa membuat sendiri dirumah dengan menggunakan bahan dapur, seperti tepung terigu, air, minyak sayur dan pewarna makanan.

5. Color rice

Color rice for sensory play

Ilustrasi gambar : busytoddler.com

Color rice bisa membantu Si Kecil mengenal warna. Untuk membuatnya, bagi beras ke dalam beberapa wadah, lalu beri sedikit pewarna makanan yang berbeda pada tiap-tiap toples. Lalu, tutup dan kocok toples sampai semua beras tertutup warna. Setelah itu, tuangkan dan ratakan beras ke atas kerta untuk dijemur, lalu tunggu sampai kering. Setelah kering, Moms bisa langsung menggunakannya untuk bermain.

Post Comment

Pesan Sekarang