×

Jangan Dimarahi! Begini Cara Merayu Si Kecil Agar Mau Makan Sayur

cara agar anak makan sayur

Jangan Dimarahi! Begini Cara Merayu Si Kecil Agar Mau Makan Sayur

Time to read: 5 menit

Sayur mayur merupakan bagian dari makanan 4 sehat 5 sempurna. Memakan sayuran sayuran sangat bermanfaat untuk pertumbuhan Si Kecil. Tapi bagaimana jika Si Kecil tidak suka makan sayur?

Bagi anak-anak, sayuran merupakan makanan yang dihindari karena rasanya yang tidak enak, sehingga Si Kecil seringkali menolak setiap kali diminta untuk memakannya. Pada situasi seperti ini, Moms jangan sampai memarahi, memaksa apalagi sampai mengiming-imingi Si Kecil dengan hadiah. Karena semakin dipaksa, akan semakin menolak.

Lantas, bagaimana cara membuat Si Kecil suka makan sayur?

Tips agar anak mau makan sayur

1. Kenalkan sayuran sejak dini

Mengenalkan sayur-sayuran pada Si Kecil sejak dini

Untuk Si Kecil menjadi terbiasa makan sayur, Moms perlu mengenalkannya sedini mungkin. Ketika Si Kecil menginjak usia 6 bulan, maka ia sudah siap untuk menerima makanan selain ASI. Moms bisa mengenalkannya pada saat Si Kecil mulai mengkonsumsi MPASI (Makanan Pendamping ASI).

Moms bisa menyajikannya dalam setiap kesempatan, pada saat makan siang ataupun malam. Ulangi kebiasaan ini sampai Si Kecil tumbuh besar.

2. Jadilah contoh untuk Si Kecil

Jadilah contoh untuk Si Kecil

Jangan hanya menyuruh Si Kecil untuk makan sayur, tapi Moms juga harus menjadi contoh. Kalau Moms suka makan sayur, Si Kecil akan merasa penasaran apakah benar sayuran rasanya enak?

Dimulai dari rasa penasaran, Si Kecil akan dengan sendirinya mencoba. Ketika Si Kecil sudah mau mulai mencoba makan sayur, Moms bisa menyajikan sayur dalam menu beragam agar tidak terlihat membosankan.

3. Ajak Si Kecil belanja sayuran bersama

Ajak Si Kecil Berbelanja Sayur

Berbelanja bersama adalah momen yang seru bagi Moms dan Si Kecil. Pada saat berbelanja bersama, ajak Si Kecil mengenal langsung sayur-sayuran. Mungkin selama ini Si Kecil hanya tau sayur-sayuran lewat televisi dan buku bacaan sehingga tidak menggugah minat untuk memakannya.

Biarkan Si Kecil memilih sendiri sayuran apa yang ingin dimakan. Agar Moms tau jenis sayuran apa yang ia sukai. Tidak apa-apa kalau Si Kecil memilih jenis sayur yang sama terus menerus. Setidaknya ia sudah mulai menyukainya dan Moms tidak perlu sampai memaksa dan susah untuk membujuknya lagi.

4. Masak bersama

Memasak bersama Si Kecil

Selain berbelanja bersama Si Kecil, Moms juga bisa mengajaknya memasak bersama.  Dengan memasak bersama, ini akan membuat Si Kecil makin terdorong untuk memakan sayuran hasil masakannya sendiri. Selama memasak, Moms juga bisa sambil memberitahu Si Kecil manfaat dari sayuran tersebut.

5. Beri pujian

Memberi pujian pada Si Kecil

Setelah Si Kecil akhirnya mau makan sayuran, berikan ia pujian. Anak-anak pada dasarnya senang dipuji, ini akan membuat Si Kecil senang sekaligus bersemangat.

Memberikan pujian tidak harus dengan kata-kata yang berlebihan. Moms cukup mengusap kepala nya dengan lembut sambil berkata “Wah, anak mama hebat sudah mau makan sayur sampai habis!”

Daripada memberikan janji manis berupa sogokan akan memberikan cemilan seperti coklat dan permen sebagai reward karena mau makan sayur, masih lebih baik kalau Moms memberikan pujian. Dikhawatirkan, alasan Si Kecil makan sayur bukan karena ia memang suka, tapi karena ada reward yang ia tunggu kalau ia mau makan sayur.

6. Sajikan sayuran dengan menu beragam

Kreasi makanan untuk Si Kecil

Agar Si Kecil tidak cepat bosan, Moms bisa menyajikannya dengan menu beragam. Moms bisa mencari referensi beragam menu makanan yang mengandung sayur di internet kalau bingung.

Sayur-sayuran tidak hanya bisa dijadikan sup atau tumisan, tapi juga bisa menjadi cemilan dan topping makanan. Makanan seperti sandwich, burger dan pasta mudah menarik perhatian Si Kecil. Moms bisa menyiasati ini dengan menambahkan sayur-sayuran seperti brokoli, wortel, jagung manis, tomat atau jamur sebagai topping.

7. Jangan dipaksa

Jangan memaksa Si Kecil

Jika pada akhirnya Si Kecil masih sulit untuk makan sayur, Moms tetap tidak boleh memaksanya. Mungkin Si Kecil akan makan sayur kalau Moms memaksa, tapi ia akan makan dengan terpaksa dan tertekan karena Moms mengancam dan memarahinya. Moms tentu tidak mau kan hal ini terjadi?

Membuat Si Kecil agar suka makan sayur memang tidak mudah. Butuh waktu agar Si Kecil menjadi terbiasa. Selain harus sabar, Moms juga harus pandai dan kreatif dalam mengenalkan sayuran pada Si Kecil agar ia tidak cepat bosan.

Post Comment

Pesan Sekarang