×

Governess: Pendamping Anak untuk Moms yang Super Sibuk

governess untuk anak

Governess: Pendamping Anak untuk Moms yang Super Sibuk

Time to read: 3 menit

Orangtua yang sibuk bekerja tapi masih memiliki anak kecil seringkali dihadapkan pada pilihan yang sulit. Inginnya selalu dekat dengan Si Kecil, namun tuntutan pekerjaan sepertinya membuat Moms tidak bisa menghabiskan waktu sepenuhnya bersama Si Kecil.

Moms mungkin berpikir untuk menyewa jasa pengasuh anak atau Nanny yang bisa menemani Si Kecil. Nanny yang nantinya akan bertanggung jawab atas semua keperluan Si Kecil selama Moms tidak ada.

Namun, bagaimana bila ternyata kebutuhan Si Kecil lebih dari sekedar ditemani bermain sehari-hari?

Si Kecil yang sudah memasuki usia sekolah akan memiliki kebutuhan berbeda. Di Sekolah, Si Kecil tentu sudah belajar banyak hal dan tidak jarang ada tugas yang harus dikerjakan dirumah. Di usia ini, Si Kecil lebih membutuhkan ‘teman’ yang bisa mendampinginya saat belajar.

Menyewa jasa Nanny mungkin bisa saja, tapi jika Moms membutuhkan orang yang bisa diandalkan untuk urusan akademis Si Kecil, Moms bisa menyewa jasa seorang Governess.

Baca Juga : Ini Dia Bedanya Babysitter, Nanny, dan Governess. Moms Jangan Sampai Salah Ya!

Apa Itu Governess?

Seorang governess sedang mengajar anak-anak

Governess adalah seseorang yang bertugas untuk mendidik, mengasuh, mengurus, sampai  mengajarkan cara bergaul anak. Seorang Governess haruslah seseorang yang kompeten dan memiliki pengalaman dalam bidang pendidikan dan juga dalam menangani anak.

Biasanya, orangtua yang menggunakan jasa Governess memiliki anak yang sudah cukup besar yang berusia 5 – 14 tahun, karena fokusnya untuk membantu dalam perkembangan pendidikan anak. Beberapa orangtua ada yang menyewa Nanny dan juga Governess sekaligus atau hanya menyewa Governess saja tanpa Nanny.

Seorang Governess bisa dibilang juga seperti private tutor untuk anak, yang membantu anak dalam proses belajar disekolah maupun mengajarkan pembelajaran tambahan di rumah seperti belajar membaca, menulis, berhitung. Karena Governess dibutuhkan untuk memastikan kegiatan akademis anak berjalan lancar, dan umumnya pekerjaan diluar itu bukan menjadi tugas utamanya.

Baca Juga : Tugas Nanny Apakah Sama dengan Asisten Rumah Tangga?

Tugas Governess

Anak-anak yang sedang  belajar

Beban pekerjaan seorang Governess gak boleh dibarengi dengan tugas mengurus rumah seperti yang dilakukan Asisten Rumah Tangga (ART). Jadi, kalau Moms juga membutuhkan orang yang bisa bersih-bersih rumah, ada baiknya Moms menyewa jasa ART juga ya.

Penting untuk Moms memahami mengenai porsi tugas Governess, karena tugasnya akan berbeda dari tugas Nanny ataupun Asisten Rumah Tangga. Tugas Governess meliputi:

1. Membantu anak menyelesaikan tugas sekolah, baik kegiatan yang bersifat akademis maupun kegiatan ekstrakurikuler di sekolah.

2. Membantu mempersiapkan keperluan sekolah anak, seperti membantu mengerjakan Pekerjaan Rumah (PR) dan mempersiapkan anak menghadapi ujian.

3. Mengajarkan pelajaran tertentu, seperti membaca, menulis, berhitung, dan belajar bahasa asing; bahasa Inggris.

4. Membuat rencana kegiatan dan aktivitas anak, dan memastikan anak mengikuti semua instruksi yang sudah dibuat.

5. Mengajarkan anak cara bergaul, bersikap dan beretiket yang baik.

6. Sebagai penghubung antara sekolah dan orangtua (jika diperlukan).

7. Sebagai penghubung antara orangtua dan anak.

8. Dan yang terakhir adalah, memastikan kegaitan anak berjalan dengan baik selama Moms tidak ada

Kalau Moms masih merasa bingung menentukan apakah akan menggunakan jasa Nanny atau Governess untuk mendampingi Si Kecil, kami bisa membantu Moms untuk menetukan pilihan. Saat ini Nannycare.id memiliki kedua layananan tersebut, layanan Nanny dan Governess. Silakan  menghubungi melalui website kami di www.nannycare.id atau bisa hubungi kami 021 2912 5707 /  08111511805.

Post Comment

Pesan Sekarang