Gen Kecerdasan Diwariskan Dari Ibu, Bagaimana Dengan Ayah?

gen kecerdasan dari ibu dan ayah

Time to read: 3 menit

Sejak masih dalam kandungan, Moms and Dads pasti sering membayangkan bagaimana nanti wajah Si Kecil. Apakah wajahnya akan tirus seperti Moms, atau berbentuk hati seperti Dads? Apakah warna kulitnya akan berwarna cerah seperti Moms atau cenderung berwarna sawo matang seperti Dads? Wah, pasti tidak akan ada habisnya ya menebak-nebak bagaimana rupa Si Kecil karena saking penasarannya.

Selain bentuk fisik, sifat, ekspresi, postur tubuh juga diwariskan dari orang tua. Meski Si Kecil akan mewarisi gen dari kedua orang tua, namun, gen yang diturunkan tidaklah sama, pasti ada salah satu gen yang lebih dominan dari Moms atau Dads.

Gen apa saja yang diwariskan orang tua pada anaknya? Gen siapa yang lebih dominan? Untuk lebih tau lebih lengkapnya, yuk, simak ulasannya dibawah ini!

Gen yang diwariskan orang tua pada anak

Baca Juga : Manfaat Suka Memelihara Hewan Bagi Anak

1. Warna kulit

Warna kulit

Dalam menentukan warna kulit, ada 8 gen yang menentukan warna kulit seseorang. Katakanlah Moms memiliki kulit putih, sedangkan Dads berkulit gelap. Ini berarti kulit Moms masih memiliki sedikit gen kulit gelap dan Dads masih memiliki sedikit gen kulit putih.

Jadi, kemungkinannya adalah Si Kecil akan mewarisi sebagian gen kulit putih dari Moms dan sebagian kulit gelap dari Dads. Sehingga warna kulit Si Kecil akan berwarna sawo matang. Bisa saja Si Kecil mewarisi semua gen kulit Moms atau Dads saja yang membuat Si Kecil memiliki kulit putih atau gelap, namun hal ini jarang terjadi.

2. Kecerdasan

Kecerdasan

Sering mendengar ungkapan ini, “ibu cerdas akan menghasilkan anak yang cerdas”?  Ungkapan ini ternyata benar adanya.

Gen yang mempengaruhi kecerdasan terdapat pada kromosom X. Menurut penelitian dari University of Washington, ibu menurunkan gen kecerdasan pada anak yang terbentuk dari kromosom X.  Ibu memiliki 2 kromosom X, sedangkan Dads hanya memiliki satu kromosom X. Yang artinya, Moms lebih dominan dalam mewariskan kecerdasan pada Si Kecil daripada Dads.

Anak laki-laki akan mewarisi kecerdasan dari ibunya, sedangkan anak perempuan menerima kecerdasan dari kedua orangtuanya. Namun, kecerdasan yang diturunkan hanya sebanyak 40%, sisanya dipengaruhi dari faktor lingkungan dan ketika Si Kecil masih dalam kandungan.

Baca Juga : Ini Dia Sederet Manfaat Renang Untuk Bayi

3. Warna rambut

Warna rambut

Ternyata, Moms lebih memiliki peran besar dalam menentukan warna dan tekstur rambut Si Kecil, karena gen yang dibawa oleh Moms lebih kuat ketimbang Dads. Selain itu, masalah kebotakan juga diturunkan oleh Moms. Namun hal ini tidak hanya disebabkan oleh gen, tetapi juga oleh faktor lingkungan dan gaya hidup.

4. Kesehatan gigi

Kesehatan gigi

Jika Dads memiliki struktur gigi yang rapi dan sehat, kemungkinan Si Kecil akan memiliki hal serupa. Hal ini dikarenakan gen struktur dan kesehatan gigi diturunkan oleh Dads. Jadi jangan heran kalau gigi Si Kecil sama persis bentuknya dengan Dads.

Bukan hanya itu, apabila Dads memiliki masalah gigi berlubang atau rentan terkena masalah kesehatan gigi, Si Kecil akan mudah juga terkena penyakit serupa.

5. Jenis kelamin

Jenis kelamin

Jenis kelamin Si Kecil pada umumnya akan diturunkan dari Dads. Apabila Dads memiliki banyak saudara perempuan, maka besar kemungkinan Si Kecil lahir dengan jenis kelamin perempuan. Namun, jika Dads memiliki lebih banyak saudara laki-laki ketimbang perempuan, maka Si Kecil akan berjenis kelamin laki-laki.

Baca Juga : Cara Menghitung Berat Badan Ideal Anak Sesuai Usianya

6. Risiko penyakit

Risiko penyakit

Dikutip dari laman Mother and Baby, menurut Prof. DR. Dr. Wahyuning Ramelan, Sp.And, dari FKUI, Jakarta, jika pada kromosom X ayah atau ibu terdapat sebuah gen yang menentukan faktor risiko suatu jenis penyakit, maka anak perempuannya berisiko menderita penyakit tersebut. Sedangkan jika gen kromosom Y ayah terdapat gen pembawa penyakit atau kelainan, maka anak laki-lakinya berisiko mewarisi penyakit atau kelainan tersebut.

Beberapa jenis penyakit dan kelainan yang bisa diturunkan Dads pada Si Kecil diantaranya adalah, penyakit jantung bawaan, kolesterol, darah tinggi, diabetes dan buta warna.

7. Tinggi badan

Tinggi badan

Postur tinggi badan Si Kecil didapatkan dari Moms and Dads, keduanya sama-sama menyumbang 35%. Namun, jangan khawatir misalkan Moms atau Dads tidak memiliki postur badan yang tinggi, karena tidak hanya faktor genetik yang dapat menentukan tinggi badan Si Kecil. Faktor lain seperti nutrisi dan gaya hidup juga dapat mempengaruhi tinggi badan Si Kecil. Untuk lebih jelasnya, Moms dapat menghitungnya dengan rumus berikut ini:

  • Anak laki-laki = ((Tinggi ibu+ayah) dibagi 2) + 5 cm
  • Anak perempuan = ((Tinggi ibu+ayah) dibagi 2) – 5 cm

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pesan Sekarang