Fun Fact

Bikin Senyum Bayi Tambah Manis, Berikut Ini Fakta Tentang Lesung Pipi

Time to read: 3 menit

Katanya, lesung pipi dapat membuat senyum seseorang tambah menawan. Seolah menjadi poin plus bagi pemiliknya, seseorang dengan lesung pipi sering dianggap sosok yang manis. Begitu juga dengan bayi, lekukan di pipinya membuat ia terlihat makin menggemaskan dibanding bayi lainnya.

Jika Moms bertanya bagaimana caranya bayi bisa memiliki lesung pipi, jawabannya adalah warisan orang tua. Ya, lesung pipi merupakan warisan gen dari orangtua. Tidak perlu dari kedua orangtua, dari salah satunya saja sudah cukup. Gen ini diwariskan dari gen yang lebih dominan, entah itu dari Moms atau Dads. Selain itu, lesung pipi juga tidak selalu muncul di kedua sisi pipi, bisa pada salah satu sisi saja. Namun, sampai sekarang belum ada penelitian yang mampu membuktikan tentang hal ini.

Baca Juga : Bikin Gemas, Ini Alasannya Kenapa Bayi Suka Senyum Sendiri Saat Tidur

Fakta tentang lesung pipi

1. Lesung pipi adalah sebuah kelainan pada otot wajah

Dibalik keindahan lesung pipi, ada fakta menarik yang perlu Moms ketahui. Seperti yang sudah disebutkan di atas, orang yang memiliki lesung pipi dinilai memiliki poin plus dari kebanyakan orang, padahal kenyataannya, lekukan tersebut adalah sebuah kelainan. Lengkungan tersebut terbentuk karena adanya kelainan pada otot wajah.

Dikutip dari laman Health Line, lesung pipi muncul karena adanya kelainan pada otot zygomaticus major. Otot ini yang berperan dalam membentuk ekspresi wajah. Otot inilah yang bergerak ketika tersenyum.

Pada orang yang tidak memiliki lesung pipi, otot ini umumnya terletak di tulang pipi dan menyambung terus ke bawah sampai ke sudut mulut. Sedangkan orang yang memiliki lesung pipi, otot ini membelah menjadi dua. Satunya terhubung pada sudut mulut, satu lainnya terhubung di bawah sudut mulut dan juga  terhubung pada bagian bawah mulut serta menyambung pada kulit atasnya. Sehingga saat orang tersenyum, membentuk lengkungan pada otot pipi yang terpisah itu. Meski dianggap sebuah kelainan, lesung pipi tidak memiliki dampak negatif pada kesehatan.

Baca Juga : Apakah Perlu Mencuci Baju Bayi Menggunakan Deterjen Khusus?

2. Lesung pipi pada bayi bisa menghilang

Bayi memiliki lesung pipi karena terdapat lemak pada pipinya. Seiring bertambahnya usia, lesung pipi tersebut akan menghilang. Bayi yang tidak memiliki lesung pipi saat lahir mungkin saja akan memilikinya nanti saat usia balita. Beberapa orang memiliki lesung pipi hanya sampai masa remaja atau dewasa, sementara beberapa orang lainnya memiliki lesung pipi selama seumur hidup mereka.

Mitos tentang lesung pipi

Banyak masyarakat percaya bahwa lesung pipi bisa dibuat sendiri secara alami, yaitu dengan menggunakan cabai atau bawang.

1. Lesung pipi dibuat sendiri menggunakan: cabai

Orang dulu percaya bahwa ujung cabai dapat membentuk lesung pipi pada bayi. Caranya dengan memasukan ujung cabai pada pada pipi, lalu diputar-putar secara perlahan. Gerakannya sama seperti saat Moms membuat lubang. Untuk melihat hasilnya, cara ini biasanya rutin dilakukan beberapa hari sekali.

Baca Juga : Tips Melakukan Perawatan Rambut Bayi Agar Tumbuh Sehat Dan Lebat

2. Lesung pipi dibuat sendiri menggunakan: bawang merah

Selain cabai, orang dulu juga kerap menggunakan bawang. Caranya hampir mirip dengan menggunakan cabai, tapi bawang perlu dipotong dulu bagian ujungnya sampai mengeluarkan getah. Setelah getahnya keluar, barulah dioleskan pada pipi bayi dengan cara ditusuk dan diputar.

Meski cara ini belum terbukti secara ilmiah, cara ini masih sering dilakukan. Apakah Moms pernah melakukan salah satu cara diatas?

Cara membuat lesung pipi yang sebenarnya

Selain cara tradisional, jalur operasi dimpleplasty (operasi lesung pipi) juga bisa dilakukan untuk membuat lesung pipi secara permanen. Tentu saja ini bukan disarankan untuk bayi ya, Moms.

Prosedurnya cukup sederhana, dokter akan membuat sayatan pada pipi untuk menghilangkan sedikit lemak dan otot pada area pipi. Setelahnya, otot pipi tersebut akan bergerak turun sehingga membuat lekukan seperti lesung pipi.

Nannycare.id adalah yayasan pengasuh anak terbaik di Indonesia. Terdapat 3 layanan dari nannycare yaitu : Nanny, Governess, Newborn Care. Pemesanan Cepat, Harga terbaik tanpa admin dan Garansi tak terbatas. Hubungi sekarang.

Postingan Lainnya

Tes Minat Bakat Bisa Bantu Si Kecil Untuk Mengetahui Potensinya Sejak Dini

Dengan melakukan tes minat bakat, membantu Si Kecil untuk mengidentifikasi kemungkinan bakat yang dimilikinya. Hal ini juga memungkinkan Moms mengetahui tipe kecerdasan, memahami kebutuhan belajar khusus, termasuk mengetahui kelemahan dan kekuatan Si Kecil.

Deretan Keunggulan ASI Yang Tidak Ada Pada Susu Formula

Antara ASI dan susu formula masih sering menjadi perdebatan sampai hari ini. Padahal, manfaat ASI bagi bayi tidak perlu diragukan lagi. Tapi sayangnya, hanya beberapa persen ibu didunia yang mau memberikan ASI eksklusif.

Sekolah Alam, Pembelajaran Diluar Ruangan Bantu Tumbuh Kembang Si Kecil

Meskipun namanya sekolah alam, pengajarannya tetap berbasis kurikulum, sehingga tidak kalah bagusnya dengan sekolah pada umumnya. Secara umum, konsep sekolah alam memanfaatkan alam sebagai sumber utamanya, yakni sebagai ruang kelas, media belajar, bahan ajar, dan sekaligus sebagai objek pembelajaran.

Si Kecil Hanya Aktif Atau Memang Hiperaktif? Ketahui Bedanya!

Semakin tumbuh besar, Si Kecil jadi makin aktif ya Moms? Tingkah lakunya jadi semakin banyak, seperti bergerak dan berlari kesana kemari sudah menjadi pemandangan sehari-hari. Namun seringkali Moms suka salah menafsirkan perilaku aktif Si Kecil dan lebih suka melabelinya sebagai anak hiperaktif. Supaya Moms tidak salah tafsir lagi, Nanny Care akan kasih tau, gimana sih bedanya anak aktif dan hiperaktif!

Bagaimana Ciri-Ciri Nanny Yang Baik?

Jaman sekarang mencari nanny sangat mudah, yang sulit adalah mencari yang mau menjaga komitmennya dalam bekerja. Namun bukan berarti tidak ada sama sekali ya, Moms. Kenali 5 ciri-ciri nanny yang baik yang bisa dijadikan pegangan untuk Moms dalam memilih nanny untuk Si Kecil.