Tumbuh Kembang Anak

Berapa Rata-Rata Tinggi Anak Usia 1-12 Tahun?

Time to read: 4 menit

Setiap orang tua pasti ingin anaknya tumbuh sehat, pintar dan ideal. Tumbuh ideal berkaitan dengan tinggi dan berat badan. Dan untuk memastikan Si Kecil tumbuh dengan ideal, Moms perlu mengetahui perkembangan tinggi badan ideal Si Kecil sesuai dengan tahapan usianya.

Setiap anak memiliki fase pertumbuhan yang berbeda-beda. Meskipun anak perempuan dan anak laki-laki hampir memiliki tinggi badan yang sama, namun secara fisik, anak perempuan akan tumbuh lebih cepat dari anak laki-laki. Tapi dalam beberapa tahun kemudian, tinggi badan anak laki-laki akan menyusul anak perempuan.

Baca Juga : Manfaat Suka Memelihara Hewan Bagi Anak

Lalu, berapa sih rata-rata tinggi badan anak yang dikatakan ideal? Berikut tabel tinggi badan ideal anak berdasarkan Kementrian Kesehatan RI dan WHO (World Health Organization) berdasarkan jenis kelamin anak.

Usia

Perempuan

Laki-laki

1 tahun

70 – 78 sentimeter

72 – 78 sentimeter

2 tahun

80 – 92 sentimeter

82 – 92 sentimeter

3 tahun

82 – 95 sentimeter

83 – 95 sentimeter

4 tahun

83 – 96 sentimeter

84 – 97 sentimeter

5 tahun

84 – 97 sentimeter

85 – 98 sentimeter

Seiring bertambahnya usia, menginjak usia 6-12, WHO menyampaikan bahwa ada batasan dimana anak bisa dianggap pendek apabila tinggi badannya kurang dari,

Usia

Perempuan

Laki-laki

6 tahun

104,9 sentimeter

106,1 sentimeter

7 tahun

109,9 sentimeter

111,2 sentimeter

8 tahun

115 sentimeter

116 sentimeter

9 tahun

120,3 sentimeter

120,5 sentimeter

10 tahun

128,5 sentimeter

125 sentimeter

11 tahun

131,7 sentimeter

129,7 sentimeter

12 tahun

137,6 sentimeter

134,9 sentimeter

Bagaimana Moms, apakah tinggi badan Si Kecil termasuk dalam tabel dari Kementrian Kesehatan RI dan WHO diatas? Jika belum, jangan panik dulu. Moms bisa mengkonsultasikan ke dokter.

Baca Juga : Cara Menghitung Berat Badan Ideal Anak Sesuai Usianya

Faktor yang mempengaruhi tinggi badan anak

Mengenai tinggi badan anak yang tidak ideal, tidak serta merta karena Si Kecil mengalami gizi buruk. Ada banyak faktor yang bisa mempengaruhinya, seperti:

  • Genetik

Ketika Moms berkonsultasi dengan dokter, kemungkinan besar Moms akan ditanyai mengenai rekam jejak keluarga. Jika Dads bertubuh tinggi, maka postur tubuh Si Kecil akan mengikutinya. Ini dikarenakan, tinggi badan akan diwarisi olehnya.

Jika Dads tidak bertubuh tinggi, Moms tidak perlu khawatir. Tinggi badan Si Kecil masih bisa dimaksimalkan dari gaya hidupnya sehari-hari dan juga dari segi kesehatan.

Baca Juga : Waspadai Penyebab Obesitas pada Si Kecil dan Cara Mengatasinya

  • Nutrisi

Makanan yang dikonsumsi Si Kecil sehari-hari dapat menentukan perkembangan tinggi badan nya, lho Moms. Untuk mendapatkan tinggi badan yang ideal, Moms perlu memberikan makanan yang bernutrisi kepada Si Kecil, seperti daging, sayur dan buah. Bisa juga dengan memberikan suplemen atau vitamin jika dirasa perlu.

  • Kesehatan

Kondisi kesehatan tertentu seperti mengidap penyakit kronis atau penyakit bawaan dapat mengganggu perkembangan tinggi Si Kecil.

  • Aktivitas fisik

Moms, apakah Si Kecil sering mengangkat beban berat? Pada usia muda seperti ini, disarankan agar ia tidak mengangkat beban yang terlalu berat karena tulangnya masih dalam tahap perkembangan dan pertumbuhan. Jadi, sebaiknya aktivitas seperti ini dihindari.

Jenis olahraga untuk mempercepat tinggi badan anak

Untuk mengoptimalkan tinggi badan Si Kecil, Moms perlu melakukannya sejak dini sebelum ia mengalami masa pubertas.

Selain memenuhi kebutuhan nutrisi Si Kecil, berolahraga bisa menjadi pilihan lain untuk mengoptimalkan pertumbuhannya. Beberapa jenis olahraga dibawah ini umumnya dijadikan pilihan untuk mempercepat tinggi badan naik secara alami.

Baca Juga : Merangsang dan Melatih Si Kecil Agar Lancar Berbicara dengan 5 Cara Ini

  • Renang

Berenang membuat otot-otot dalam tubuh Si Kecil bekerja, terutama otot bagian kaki, lengan, tulang belakang dan bagian dada. Gerakan renang akan merangsang pertumbuhan tulang belakang serta kaki sehingga dapat menambah tinggi badan Si Kecil.

  • Basket

Gerakan melompat dan melempar bola dapat merangsang peregangan otot dan tulang Si Kecil sehingga tumbuh lebih panjang. Basket juga merupakan olahraga terbaik untuk meningkatkan hormon pertumbuhan yang dapat membuat Si Kecil tumbuh tinggi lebih cepat.

  • Yoga

Latihan yoga tidak hanya membuat tubuh cepat tinggi tapi juga membantu Si Kecil latihan pernapasan. Latihan pernapasan ternyata dapat menstimulasi fungsi sel serta jaringan tubuh sehingga dapat mendorong pertumbuhan tinggi badan.

  • Skipping

Saat melakukan gerakan skipping secara konstan, massa otot tubuh akan bertambah dan terus merenggang. Jika Si Kecil rajin melakukan skipping sejak usia dini, maka olahraga ini akan bermanfaat untuk menambah tinggi badannya.

Baca Juga : Mitos atau Fakta, Kebiasaan Mengempeng Bisa Bikin Gigi Si Kecil Tonggos?

  • Pull up

Ketika mengajak Si Kecil ke taman bermain, pasti Moms akan menjumpai banyak wahana permainan, termasuk wahana monkey bar. Permainan ini biasanya dimainkan  dengan cara bergelantungan.

Saat bergelantungan, gerakan ini dapat membantu meluruskan dan memanjangkan tulang belakang Si Kecil sehingga dapat menambah tinggi badannya. Selain itu, pull up dapat menjadikan tubuhnya lebih berotot.

Nannycare.id adalah yayasan pengasuh anak terbaik di Indonesia. Terdapat 3 layanan dari nannycare yaitu : Nanny, Governess, Newborn Care. Pemesanan Cepat, Harga terbaik tanpa admin dan Garansi tak terbatas. Hubungi sekarang.

Postingan Lainnya

Tips Melakukan Perawatan Rambut Bayi Agar Tumbuh Sehat Dan Lebat

Moms, gemas bukan saat melihat bayi dengan rambut yang lebat dan sehat? Moms pastinya juga mau kan kalau rambut Si Kecil tumbuh sehat dan lebat seperti itu? Untuk tau rahasianya, baca terus ulasan diartikel ini ya Moms!

Ngidam Saat Hamil, Sebaiknya Dituruti Atau Dihindari?

Ngidam memang membuat ibu hamil memiliki keinginan besar untuk mengkonsumsi jenis makanan tertentu. Tapi ini bukan berarti Moms bisa makan semua jenis makanan tanpa aturan, lho! Justru saat hamil, sebaiknya Moms lebih berhati-hati dalam memilih jenis makanan.

Moms, Begini Cara Memandikan Bayi Baru Lahir Yang Benar

Menjadi seorang ibu merupakan pekerjaan termahal di dunia, karena bayarannya adalah kasih sayang sepanjang masa. Dan seorang ibu juga dituntut untuk memiliki kemampuan-kemampuan dalam merawat bayi, yang salah satunya adalah kemampuan memandikan bayi.

Cara Menghilangkan Stretch Mark Setelah Melahirkan

Apakah Moms punya masalah dengan stretch mark? Guratan garis yang menghiasi permukaan kulit ini seakan sudah lama menjadi masalah bagi kaum ibu. Keberadaan stretch mark sering sekali dikeluhkan karena dianggap mengganggu keindahan dan dapat menurunkan kepercayaan diri. Tidak heran banyak para ibu yang ingin sekali menyingkirkannya.

Apa Itu Sugar Rush Pada Si Kecil? Ketahui Faktanya Disini

Siapa yang tidak suka makanan manis? Jenis makanan satu ini menjadi makanan yang paling disukai anak-anak, lho. Tapi katanya, jika Si Kecil makan terlalu banyak gula bisa membuatnya mengalami sugar rush. Benar gak sih? Yuk, langsung aja cek faktanya disini!