Kesehatan Anak

Apakah Boleh Menyusui Disaat Ibu Sakit?

Time to read: 3 menit

Menyusui adalah hal yang terbaik yang bisa Moms lakukan untuk melengkapi nutrisi Si Kecil. Namun bagaimana kalau Moms sakit sedangkan Si Kecil hanya bisa minum ASI?

Moms pasti sangat khawatir kalau kondisi saat ini akan mempengaruhi kualitas ASI dan kesehatan Si Kecil.  Tapi apa benar seperti itu? Daripada Moms tambah khawatir, yuk simak penjelasan dibawah ini.

Saat ibu sedang sakit, sebaiknya stop ASI atau tidak?

Pada 6 bulan pertama kehidupan Si Kecil, ia hanya membutuhkan ASI sebagai sumber nutrisinya. Maka dari itu, pemberian ASI sangat dianjurkan meski keadaan Moms tidak sedang dalam kondisi sehat.

Penyakit seperti demam, flu, dan batuk tidak menular melalui ASI, melainkan lewat udara, kontak fisik, atau mulut. Faktanya, ASI yang diminum Si Kecil malah mengandung antibodi untuk mencegah Si Kecil tertular penyakit yang sama dengan Moms.

Dilansir dari Centers for Disease Control and Prevention, ASI mengandung antibodi dan faktor imunologi lainnya yang dapat membantu melindungi bayi dari flu dan sebagai sumber nutrisi yang disarankan untuk bayi bahkan ketika ibu sedang sakit.

Tapi, ada juga beberapa kondisi dan penyakit yang mengharuskan Moms berhenti memberikan ASI pada Si Kecil seperti, HIV, HTLV, infeksi tuberkulosis aktif, herpes dan postpartum depression.

Ketika dalam kondisi sama sekali tidak bisa memberikan ASI, Moms tetap dapat memenuhi nutrisinya dengan memberikan susu formula. Memilih susu formula juga tidak bisa sembarangan. Pilihan susu formula yang kandungan gizinya mirip dengan ASI.

Cek bagian label susu terlebih dahulu untuk mengetahuinya, atau bisa konsultasikan ke dokter agar lebih akurat dalam memilih susu formula yang aman untuk Si Kecil.

Baca Juga : Baby Blues: Pengertian, Ciri-ciri, Penyabab dan Cara Mengatasi

Obat yang dapat dikonsumsi ibu menyusui

Produksi ASI bisa saja terganggu karena kondisi Moms yang kurang sehat, sehingga jumlah ASI yang dipompa tidak sebanyak yang biasanya. Tapi, Moms jangan khawatir, karena hal ini tidak akan berlangsung terus menerus, melainkan hanya sementara saja. Setelah Moms kembali pulih, produksi ASI akan kembali produktif, jadi usahakan untuk tetap memompa ASI seperti biasa ya Moms.

Jika yang menjadi kekhawatiran lainnya adalah efek obat yang Moms konsumsi, Moms dapat mengatakan kepada dokter akalu Moms sedang menyusui. Sehingga obat yang diberikan tidak mengandung dosis yang terlalu tinggi yang dapat membahayakan Si Kecil dan juga tidak mempengaruhi kualitas ASI.

Dikutip dari Popmama, berikut daftar obat yang tergolong aman untuk Moms yang sedang menyusui.

  • Asetaminofen (Tylenol)
  • Ibuprofen (Advil, Motrin)
  • Antihistamin (seperti Claritin; Benadryl termasuk aman namun dapat menyebabkan bayi mengantuk)
  • Dekongestan (Afrin, Allegra, dan sebagainya), tetapi yang tidak mengandung Pseudoefedrin, yang dapat menurunkan produksi ASI
  • Antibiotik, namun harus cek ke dokter dulu dan pastikan juga dokter tau keadaan Moms saat ini sedang menyusui

Baca Juga : Cara Merawat Bayi Prematur Dirumah yang Harus Moms Perhatikan

Tips aman untuk ibu yang sakit memberikan ASI kepada Si Kecil

Sakit memang bukan halangan untuk Moms memberikan ASI, meski begitu, ada beberapa hal yang perlu Moms perhatikan ketika menyusui dalam keadaan sakit.

1. Pastikan kebersihan tangan

2. Pakai masker bila Moms mengalami batuk dan pilek

3. Batasi kontak fisik dengan Si Kecil dengan tidak mencium dan menyentuh area wajahnya (mata, hidung, dan mulut)

4. Tetap jaga kualitas makanan yang Moms konsumsi

5. Konsumsi air putih yang banyak agar ASI tetap lancar

6. Disarankan untuk tidak menyusui secara langsung, berikan ASI yang sudah di pompa untuk meminimalisir kontak fisik dengan Moms

Nannycare.id adalah yayasan pengasuh anak terbaik di Indonesia. Terdapat 3 layanan dari nannycare yaitu : Nanny, Governess, Newborn Care. Pemesanan Cepat, Harga terbaik tanpa admin dan Garansi tak terbatas. Hubungi sekarang.

Postingan Lainnya

Tips Melakukan Perawatan Rambut Bayi Agar Tumbuh Sehat Dan Lebat

Moms, gemas bukan saat melihat bayi dengan rambut yang lebat dan sehat? Moms pastinya juga mau kan kalau rambut Si Kecil tumbuh sehat dan lebat seperti itu? Untuk tau rahasianya, baca terus ulasan diartikel ini ya Moms!

Ngidam Saat Hamil, Sebaiknya Dituruti Atau Dihindari?

Ngidam memang membuat ibu hamil memiliki keinginan besar untuk mengkonsumsi jenis makanan tertentu. Tapi ini bukan berarti Moms bisa makan semua jenis makanan tanpa aturan, lho! Justru saat hamil, sebaiknya Moms lebih berhati-hati dalam memilih jenis makanan.

Moms, Begini Cara Memandikan Bayi Baru Lahir Yang Benar

Menjadi seorang ibu merupakan pekerjaan termahal di dunia, karena bayarannya adalah kasih sayang sepanjang masa. Dan seorang ibu juga dituntut untuk memiliki kemampuan-kemampuan dalam merawat bayi, yang salah satunya adalah kemampuan memandikan bayi.

Cara Menghilangkan Stretch Mark Setelah Melahirkan

Apakah Moms punya masalah dengan stretch mark? Guratan garis yang menghiasi permukaan kulit ini seakan sudah lama menjadi masalah bagi kaum ibu. Keberadaan stretch mark sering sekali dikeluhkan karena dianggap mengganggu keindahan dan dapat menurunkan kepercayaan diri. Tidak heran banyak para ibu yang ingin sekali menyingkirkannya.

Apa Itu Sugar Rush Pada Si Kecil? Ketahui Faktanya Disini

Siapa yang tidak suka makanan manis? Jenis makanan satu ini menjadi makanan yang paling disukai anak-anak, lho. Tapi katanya, jika Si Kecil makan terlalu banyak gula bisa membuatnya mengalami sugar rush. Benar gak sih? Yuk, langsung aja cek faktanya disini!