Kesehatan Anak

Apakah Boleh Menyusui Disaat Ibu Sakit?

Time to read: 3 menit

Menyusui adalah hal yang terbaik yang bisa Moms lakukan untuk melengkapi nutrisi Si Kecil. Namun bagaimana kalau Moms sakit sedangkan Si Kecil hanya bisa minum ASI?

Moms pasti sangat khawatir kalau kondisi saat ini akan mempengaruhi kualitas ASI dan kesehatan Si Kecil.  Tapi apa benar seperti itu? Daripada Moms tambah khawatir, yuk simak penjelasan dibawah ini.

Saat ibu sedang sakit, sebaiknya stop ASI atau tidak?

Pada 6 bulan pertama kehidupan Si Kecil, ia hanya membutuhkan ASI sebagai sumber nutrisinya. Maka dari itu, pemberian ASI sangat dianjurkan meski keadaan Moms tidak sedang dalam kondisi sehat.

Penyakit seperti demam, flu, dan batuk tidak menular melalui ASI, melainkan lewat udara, kontak fisik, atau mulut. Faktanya, ASI yang diminum Si Kecil malah mengandung antibodi untuk mencegah Si Kecil tertular penyakit yang sama dengan Moms.

Dilansir dari Centers for Disease Control and Prevention, ASI mengandung antibodi dan faktor imunologi lainnya yang dapat membantu melindungi bayi dari flu dan sebagai sumber nutrisi yang disarankan untuk bayi bahkan ketika ibu sedang sakit.

Tapi, ada juga beberapa kondisi dan penyakit yang mengharuskan Moms berhenti memberikan ASI pada Si Kecil seperti, HIV, HTLV, infeksi tuberkulosis aktif, herpes dan postpartum depression.

Ketika dalam kondisi sama sekali tidak bisa memberikan ASI, Moms tetap dapat memenuhi nutrisinya dengan memberikan susu formula. Memilih susu formula juga tidak bisa sembarangan. Pilihan susu formula yang kandungan gizinya mirip dengan ASI.

Cek bagian label susu terlebih dahulu untuk mengetahuinya, atau bisa konsultasikan ke dokter agar lebih akurat dalam memilih susu formula yang aman untuk Si Kecil.

Baca Juga : Baby Blues: Pengertian, Ciri-ciri, Penyabab dan Cara Mengatasi

Obat yang dapat dikonsumsi ibu menyusui

Produksi ASI bisa saja terganggu karena kondisi Moms yang kurang sehat, sehingga jumlah ASI yang dipompa tidak sebanyak yang biasanya. Tapi, Moms jangan khawatir, karena hal ini tidak akan berlangsung terus menerus, melainkan hanya sementara saja. Setelah Moms kembali pulih, produksi ASI akan kembali produktif, jadi usahakan untuk tetap memompa ASI seperti biasa ya Moms.

Jika yang menjadi kekhawatiran lainnya adalah efek obat yang Moms konsumsi, Moms dapat mengatakan kepada dokter akalu Moms sedang menyusui. Sehingga obat yang diberikan tidak mengandung dosis yang terlalu tinggi yang dapat membahayakan Si Kecil dan juga tidak mempengaruhi kualitas ASI.

Dikutip dari Popmama, berikut daftar obat yang tergolong aman untuk Moms yang sedang menyusui.

  • Asetaminofen (Tylenol)
  • Ibuprofen (Advil, Motrin)
  • Antihistamin (seperti Claritin; Benadryl termasuk aman namun dapat menyebabkan bayi mengantuk)
  • Dekongestan (Afrin, Allegra, dan sebagainya), tetapi yang tidak mengandung Pseudoefedrin, yang dapat menurunkan produksi ASI
  • Antibiotik, namun harus cek ke dokter dulu dan pastikan juga dokter tau keadaan Moms saat ini sedang menyusui

Baca Juga : Cara Merawat Bayi Prematur Dirumah yang Harus Moms Perhatikan

Tips aman untuk ibu yang sakit memberikan ASI kepada Si Kecil

Sakit memang bukan halangan untuk Moms memberikan ASI, meski begitu, ada beberapa hal yang perlu Moms perhatikan ketika menyusui dalam keadaan sakit.

1. Pastikan kebersihan tangan

2. Pakai masker bila Moms mengalami batuk dan pilek

3. Batasi kontak fisik dengan Si Kecil dengan tidak mencium dan menyentuh area wajahnya (mata, hidung, dan mulut)

4. Tetap jaga kualitas makanan yang Moms konsumsi

5. Konsumsi air putih yang banyak agar ASI tetap lancar

6. Disarankan untuk tidak menyusui secara langsung, berikan ASI yang sudah di pompa untuk meminimalisir kontak fisik dengan Moms

Nannycare.id adalah yayasan pengasuh anak terbaik di Indonesia. Terdapat 3 layanan dari nannycare yaitu : Nanny, Governess, Newborn Care. Pemesanan Cepat, Harga terbaik tanpa admin dan Garansi tak terbatas. Hubungi sekarang.

Postingan Lainnya

Jasa Perawat Bayi Baru Lahir Oleh Bidan di Rumah | Home Care Baby

Pasca melahirkan, Moms belum bisa beraktivitas sebagaimana biasanya. Untuk urusan Si Kecil, tidak ada salahnya jika Moms coba mencari bantuan tambahan seperti layanan homecare yang khusus merawat bayi baru lahir.

Fakta Ilmiah Dibalik Bau Badan Bayi Yang Enak dan Khas

Setuju gak si Moms kalau bayi baru lahir itu punya bau yang enak dan khas banget? Dan bukan hanya Moms saja yang suka menciumnya, tapi setiap orang yang melihat Si Kecil pasti langsung refleks ingin menciumnya juga. Hal ini membuktikan bahwa semua orang memang menyukai aroma khas bayi, tapi Moms tau gak sih apa penyebabnya? Biar Moms gak penasaran, mari simak penjelasan berikut ini.

The Best Nanny & Governess Agency in Indonesia (Jakarta & Bali) | Babysitter, Au Pair & Child Care (Baby Newborn) Specialist

Nowadays, everything is easy, including finding a trusted childminder. To get the best experience, you can visit www.nannycare.id which provides services ranging from babysitters to toddlers, school-age children, and newborns in one place. Practical isn't it?

Moms, Ini Dia Pentingya Menjaga Kebersihan Gigi dan Mulut Si Kecil

Menyikat gigi merupakan kebiasaan baik yang harus Moms ajarkan sejak dini pada Si Kecil. Semakin dini Moms mengenalkannya, maka Si Kecil akan terbiasa dan memiliki kesadaran untuk menjaga giginya tetap bersih sepanjang hidupnya. Tapi, pada usia berapa sebaiknya Si Kecil mulai menyikat gigi?

Jadi Negara Paling Bahagia, Yuk Tiru Pola Mengasuh Anak Ala Skandinavia

Dilansir dari World Happiness Report, pada tahun 2018 Skandinavia menjadi salah satu negara yang paling bahagia. Kira-kira pola asuh seperti apa ya yang diterapkan orang tua di Skandinavia?