Tips

5 Makanan yang Aman Dikonsumsi untuk Si Kecil Saat Imlek

Time to read: 3 menit

Saat perayaan Imlek tiba, kurang lengkap rasanya kalau tidak ada sajian khas Imlek tersedia diatas meja. Selain pelengkap perayaan Imlek, menyantap hidangan Imlek juga sebagai cara untuk keluarga bisa berkumpul bersama di meja makan sambil tertawa dan berbincang dengan hangat.

Menu makanan khas Imlek bisa dibilang banyak ragamnya, tapi kira-kira sajian makanan seperti apa ya yang selain aman untuk orang dewasa tapi juga Si Kecil?

1. Yu Sheng

Yu sheng merupakan salad segar yang berisi bermacam-macam sayuran seperti lobak putih, selada, wortel, tomat, juga ikan salmon mentah yang telah dilumuri jeruk nipis.

Setelah semua isian yu sheng tertata rapi di piring, selanjutnya adalah mengaduk semua bahan makanan jadi satu. Untuk mengaduknya, semua anggota keluarga memegang sumpit, setelah itu aduk yu sheng dengan diangkat tinggi-tinggi sambil mengucapkan “Lo-hei”

Semakin tinggi salad terlempar ke atas, maka akan semakin banyak rezeki di tahun baru ini.

Irisan bermacam-macam sayuran dan potongan ikan salmon tentu bisa memenuhi sebagian kebutuhan nutrisi Si Kecil. Jadi tidak salah jika mengenalkan yu sheng pada Si Kecil.

2. Jeruk

Moms tentu tau kan kalau jeruk mengandung vitamin C dan baik untuk kesehatan Si Kecil? Yup, buah penuh manfaat ini jadi salah satu hidangan Imlek yang selalu ada pada setiap perayaan Imlek.

Jenis jeruk yang dihidangkan adalah jeruk mandarin. Jeruk melambangkan emas serta rezeki yang berlimpah. Jeruk mandarin yang digunakan biasanya yang masih lengkap dengan tangkai daun di atasnya.

Bukan tanpa makna, jeruk yang masih lengkap dengan tangkainya bermakna kekayaan, kesejahteraan serta kemakmuran.

3. Ikan

Ikan bandeng menjadi salah satu jenis ikan yang menjadi menu khusus saat Imlek. Dalam Bahasa mandarin, pengucapan ikan “yu” sama dengan pengucapan kata keuntungan atau berlebih. Maka dari itu, ikan dimaknai akan membawa kelimpahan dan kemakmuran bagi orang yang memakannya.

Bukan hanya membawa rezeki dan kemakmuran, ikan bandeng juga memiliki banyak manfaat untuk Si Kecil. Ikan bandeng mengandung asam lemak omega-3, omega-6, fosfor, kalsium, protein dan vitamin yang bagus untuk kecerdasan Si Kecil. Asam lemak dan omega 3 juga bermanfaat untuk membantu tulang dan giginya jadi lebih kuat.

4. Mie

Mie yang dibiarkan memanjang tanpa dipotong-potong melambangkan umur yang panjang. Mie ini sering disebut warga Tionghoa sebagai Changshou Mian atau mie panjang.

Agar sajian mie lebih sehat untuk Si Kecil, Moms bisa menambahkan beberapa jenis sayuran lengkap dengan udang, bakso atau ayam sebagai toppingnya agar semakin lezat.

5. Manisan

Bukan hanya makanan berat saja, manisan juga kerap hadir di meja sebagai pelengkap hidangan perayaan Imlek. Bagi yang mengkonsumsinya, diharapkan agar kehidupannya menjadi semakin manis, dilimpahkan banyak rezeki dan sejahtera.

Terdapat dua macam jenis manisan yang biasaya dihidangkan saat Imlek, yaitu bola beras manis dan prosperity box. Prosperity box ini dikemas dalam wadah berbentuk persegi delapan dan juga terdapat delapan jenis manisan di dalamnya, yang terbuat dari buah-buahan dan kacang-kacangan.

Jika Si Kecil ingin makan manisan, usahakan tetap dalam pengawasan Moms ya. Jangan lupa untuk minum air putih segera setelah mengkonsumsi makanan manis dan sikat gigi sebelum tidur untuk mencegah gigi berlubang.

Nah, itu dia 5 sajian menu yang biasanya ada di perayaan Imlek. Selain syarat akan makna, rasanya juga enak dan tentunya sehat untuk Si Kecil.

Nannycare.id adalah yayasan pengasuh anak terbaik di Indonesia. Terdapat 3 layanan dari nannycare yaitu : Nanny, Governess, Newborn Care. Pemesanan Cepat, Harga terbaik tanpa admin dan Garansi tak terbatas. Hubungi sekarang.

Postingan Lainnya

Jasa Perawat Bayi Baru Lahir Oleh Bidan di Rumah | Home Care Baby

Pasca melahirkan, Moms belum bisa beraktivitas sebagaimana biasanya. Untuk urusan Si Kecil, tidak ada salahnya jika Moms coba mencari bantuan tambahan seperti layanan homecare yang khusus merawat bayi baru lahir.

Fakta Ilmiah Dibalik Bau Badan Bayi Yang Enak dan Khas

Setuju gak si Moms kalau bayi baru lahir itu punya bau yang enak dan khas banget? Dan bukan hanya Moms saja yang suka menciumnya, tapi setiap orang yang melihat Si Kecil pasti langsung refleks ingin menciumnya juga. Hal ini membuktikan bahwa semua orang memang menyukai aroma khas bayi, tapi Moms tau gak sih apa penyebabnya? Biar Moms gak penasaran, mari simak penjelasan berikut ini.

The Best Nanny & Governess Agency in Indonesia (Jakarta & Bali) | Babysitter, Au Pair & Child Care (Baby Newborn) Specialist

Nowadays, everything is easy, including finding a trusted childminder. To get the best experience, you can visit www.nannycare.id which provides services ranging from babysitters to toddlers, school-age children, and newborns in one place. Practical isn't it?

Moms, Ini Dia Pentingya Menjaga Kebersihan Gigi dan Mulut Si Kecil

Menyikat gigi merupakan kebiasaan baik yang harus Moms ajarkan sejak dini pada Si Kecil. Semakin dini Moms mengenalkannya, maka Si Kecil akan terbiasa dan memiliki kesadaran untuk menjaga giginya tetap bersih sepanjang hidupnya. Tapi, pada usia berapa sebaiknya Si Kecil mulai menyikat gigi?

Jadi Negara Paling Bahagia, Yuk Tiru Pola Mengasuh Anak Ala Skandinavia

Dilansir dari World Happiness Report, pada tahun 2018 Skandinavia menjadi salah satu negara yang paling bahagia. Kira-kira pola asuh seperti apa ya yang diterapkan orang tua di Skandinavia?