×

5 Makanan yang Aman Dikonsumsi untuk Si Kecil Saat Imlek

makanan khas imlek

5 Makanan yang Aman Dikonsumsi untuk Si Kecil Saat Imlek

Time to read: 3 menit

Saat perayaan Imlek tiba, kurang lengkap rasanya kalau tidak ada sajian khas Imlek tersedia diatas meja. Selain pelengkap perayaan Imlek, menyantap hidangan Imlek juga sebagai cara untuk keluarga bisa berkumpul bersama di meja makan sambil tertawa dan berbincang dengan hangat.

Menu makanan khas Imlek bisa dibilang banyak ragamnya, tapi kira-kira sajian makanan seperti apa ya yang selain aman untuk orang dewasa tapi juga Si Kecil?

Makanan Khas Saat Imlek yang aman dimakan oleh si Kecil

1. Yu Sheng

Yu Sheng

Yu sheng merupakan salad segar yang berisi bermacam-macam sayuran seperti lobak putih, selada, wortel, tomat, juga ikan salmon mentah yang telah dilumuri jeruk nipis.

Setelah semua isian yu sheng tertata rapi di piring, selanjutnya adalah mengaduk semua bahan makanan jadi satu. Untuk mengaduknya, semua anggota keluarga memegang sumpit, setelah itu aduk yu sheng dengan diangkat tinggi-tinggi sambil mengucapkan “Lo-hei”

Semakin tinggi salad terlempar ke atas, maka akan semakin banyak rezeki di tahun baru ini.

Irisan bermacam-macam sayuran dan potongan ikan salmon tentu bisa memenuhi sebagian kebutuhan nutrisi Si Kecil. Jadi tidak salah jika mengenalkan yu sheng pada Si Kecil.

2. Jeruk

Jeruk Mandarin

Moms tentu tau kan kalau jeruk mengandung vitamin C dan baik untuk kesehatan Si Kecil? Yup, buah penuh manfaat ini jadi salah satu hidangan Imlek yang selalu ada pada setiap perayaan Imlek.

Jenis jeruk yang dihidangkan adalah jeruk mandarin. Jeruk melambangkan emas serta rezeki yang berlimpah. Jeruk mandarin yang digunakan biasanya yang masih lengkap dengan tangkai daun di atasnya.

Bukan tanpa makna, jeruk yang masih lengkap dengan tangkainya bermakna kekayaan, kesejahteraan serta kemakmuran.

3. Ikan

Ikan Bandeng

Ikan bandeng menjadi salah satu jenis ikan yang menjadi menu khusus saat Imlek. Dalam Bahasa mandarin, pengucapan ikan “yu” sama dengan pengucapan kata keuntungan atau berlebih. Maka dari itu, ikan dimaknai akan membawa kelimpahan dan kemakmuran bagi orang yang memakannya.

Bukan hanya membawa rezeki dan kemakmuran, ikan bandeng juga memiliki banyak manfaat untuk Si Kecil. Ikan bandeng mengandung asam lemak omega-3, omega-6, fosfor, kalsium, protein dan vitamin yang bagus untuk kecerdasan Si Kecil. Asam lemak dan omega 3 juga bermanfaat untuk membantu tulang dan giginya jadi lebih kuat.

4. Mie

Mie Panjang

Mie yang dibiarkan memanjang tanpa dipotong-potong melambangkan umur yang panjang. Mie ini sering disebut warga Tionghoa sebagai Changshou Mian atau mie panjang.

Agar sajian mie lebih sehat untuk Si Kecil, Moms bisa menambahkan beberapa jenis sayuran lengkap dengan udang, bakso atau ayam sebagai toppingnya agar semakin lezat.

5. Manisan

Manisan

Bukan hanya makanan berat saja, manisan juga kerap hadir di meja sebagai pelengkap hidangan perayaan Imlek. Bagi yang mengkonsumsinya, diharapkan agar kehidupannya menjadi semakin manis, dilimpahkan banyak rezeki dan sejahtera.

Terdapat dua macam jenis manisan yang biasaya dihidangkan saat Imlek, yaitu bola beras manis dan prosperity box. Prosperity box ini dikemas dalam wadah berbentuk persegi delapan dan juga terdapat delapan jenis manisan di dalamnya, yang terbuat dari buah-buahan dan kacang-kacangan.

Jika Si Kecil ingin makan manisan, usahakan tetap dalam pengawasan Moms ya. Jangan lupa untuk minum air putih segera setelah mengkonsumsi makanan manis dan sikat gigi sebelum tidur untuk mencegah gigi berlubang.

Nah, itu dia 5 sajian menu yang biasanya ada di perayaan Imlek. Selain syarat akan makna, rasanya juga enak dan tentunya sehat untuk Si Kecil.

Post Comment

Pesan Sekarang