Penyakit Anak

5 Bahaya Yang Mengancam Kesehatan Bayi Akibat Sering Dicium

Time to read: 3 menit

Saat melihat bayi, siapa yang bisa menahan diri untuk tidak mencium dan menyentuhnya? Wajahnya yang imut dan baunya yang khas membuat setiap orang suka mencium dan menyentuh tubuhnya. Jadi sepertinya ini agak sulit untuk dilakukan.

Namun, bayi yang sering dicium sembarangan terancam bahaya kesehatan yang cukup serius. Menurut sebuah jurnal yang dipublikasikan oleh American Academy of Pediatrics (AAP) menjelaskan bahwa, ibu seharusnya tidak boleh mencium bibir bayi secara langsung, juga tidak diperkenankan untuk orang lain melakukan hal ini, karena berbagai macam infeksi virus akan mudah menyebar dengan cara ini.

Jadi, penting untuk Moms dan siapa pun untuk tidak sembarangan mencium bayi di area wajah bayi apalagi langsung pada bibirnya. Sistem imun bayi tidak sama seperti orang dewasa, sistem imun mereka belum berkembang dengan baik sehingga sangat rentan terkena berbagai virus dan penyakit.

Baca Juga : Waspada Gejala Campak Pada Si Kecil, Begini Cara Menanganinya

Tindakan mencium bayi bisa menjadi media penularan penyakit

Virus penyebab penyakit dapat ditularkan baik dari kontak langsung; melalui air liur maupun menyebar lewat udara (airborne). Berikut ini 5 bahaya yang dapat mengancam kesehatan bayi akibat sering dicium.

1. Herpes

Bayi rentan mengalami herpes yang disebabkan oleh virus Herpes Simplex Tipe 1 (HSV 1). Virus herpes merupakan penyakit menular seksual yang dapat ditularkan jika seseorang yang mengidap herpes mencium bayi.

Bayi yang terkena virus herpes biasanya ditandai dengan luka melepuh atau kering di sudut bibir atau mulut yang kemudian lukanya dapat menyebar ke area wajah. Lebih parahnya lagi, virus ini tidak bisa menghilang dari tubuh alias akan menetap dalam tubuh sepanjang hidupnya.

Baca Juga : Jangan Sampai Terlewat, Ini Dia 5 Daftar Imunisasi Wajib untuk Si Kecil

2. Cacar air

Cacar air disebabkan oleh virus varicella-zoster dan mudah menular. Penyakit ini akan mudah menular lewat kontak langsung dengan penderita atau lewat droplets atau airborne ketika penderita batuk atau bersin. Gejala yang paling nampak adalah munculnya bintik merah pada kulit.

Ketika Moms menemukan kulit bayi muncul bintik merah melepuh dan gatal-gatal bisa jadi ia terkena cacar air. dr. Kardiana purnama dewi, dr. Kardiana Purnama Dewi, Sp.KK Dokter Spesialis Kulit & Kelamin RS Pondok Indah mengatakan bahwa, "Cacar air pada bayi memiliki indikasi lebih serius dibandingkan anak-anak. Ada risiko menyebabkan kematian jika tidak ditangani dengan cepat".

3. Batuk, pilek, demam

Saat Moms atau anggota keluarga lainnya batuk dan bersin, tetesan cairan (droplets) tersebut akan tertahan di udara dan terhirup oleh bayi sehingga bayi akan mengalami kondisi serupa dalam beberapa waktu kemudian.

Oleh karena itu, disarankan untuk tidak mencium bayi atau meniup makanan yang akan diberikan pada bayi karena beresiko menularkan bakteri dari mulut.

Baca Juga : 5 Jenis Penyakit Mata yang Umum Terjadi pada Anak

4. Alergi

Bayi bisa terkena alergi makanan  bahkan lipstick. Banyak orang yang tidak sadar bahwa bayi bisa terkena alergi dari sisa makanan yang menempel pada bibir orang yang menciumnya. Bahkan ketika seseorang yang menciumnya menggunakan produk lipstick tertentu yang mengandung gluten, ini dapat menyebabkan respons autoimun dalam tubuh yang dapat memicu kanker dan gangguan autoimun lainnya.

Jadi jika Moms menggunakan produk kosmetik yang mengandung bahan tersebut, sebaiknya hindari mencium bayi.

5. ISPA

ISPA merupakan penyakit yang menyebabkan gangguan pernapasan. Bayi yang terkena ISPA akan mudah rewel, tampak lemas, sesak napas, batuk, pilek, dan kurang mau menyusu. Sama dengan beberapa penyakit lainnya, ISPA juga dapat ditularkan saat mencium bayi dan droplets.

Baca Juga : Apakah Sudah Tepat Memberikan Antibiotik pada Saat Si Kecil Demam?

Yang harus diperhatikan sebelum mencium bayi

Mencium bayi dianggap sebagai salah satu bentuk ungkapan kasih sayang, namun demi menjaga kesehatan bayi, Moms perlu mencegah penyakit-penyakit tersebut terjadi kepada bayi. Untuk memastikan keamanannya, Moms bisa melakukan beberapa hal ini sebelum Moms atau orang lain ingin mencium bayi:

  • Pastikan tangan bersih
  • Jangan mencium bayi ketika sedang sakit
  • Hindari mencium bayi di area mulut, bibir, dan jari-jarinya; karena bayi sering memasukan jari kedalam mulut
  • Sediakan masker untuk tamu yang berkunjung; mengingat bahaya di masa pandemi ini

Nannycare.id adalah yayasan pengasuh anak terbaik di Indonesia. Terdapat 3 layanan dari nannycare yaitu : Nanny, Governess, Newborn Care. Pemesanan Cepat, Harga terbaik tanpa admin dan Garansi tak terbatas. Hubungi sekarang.

Postingan Lainnya

Tips Melakukan Perawatan Rambut Bayi Agar Tumbuh Sehat Dan Lebat

Moms, gemas bukan saat melihat bayi dengan rambut yang lebat dan sehat? Moms pastinya juga mau kan kalau rambut Si Kecil tumbuh sehat dan lebat seperti itu? Untuk tau rahasianya, baca terus ulasan diartikel ini ya Moms!

Ngidam Saat Hamil, Sebaiknya Dituruti Atau Dihindari?

Ngidam memang membuat ibu hamil memiliki keinginan besar untuk mengkonsumsi jenis makanan tertentu. Tapi ini bukan berarti Moms bisa makan semua jenis makanan tanpa aturan, lho! Justru saat hamil, sebaiknya Moms lebih berhati-hati dalam memilih jenis makanan.

Moms, Begini Cara Memandikan Bayi Baru Lahir Yang Benar

Menjadi seorang ibu merupakan pekerjaan termahal di dunia, karena bayarannya adalah kasih sayang sepanjang masa. Dan seorang ibu juga dituntut untuk memiliki kemampuan-kemampuan dalam merawat bayi, yang salah satunya adalah kemampuan memandikan bayi.

Cara Menghilangkan Stretch Mark Setelah Melahirkan

Apakah Moms punya masalah dengan stretch mark? Guratan garis yang menghiasi permukaan kulit ini seakan sudah lama menjadi masalah bagi kaum ibu. Keberadaan stretch mark sering sekali dikeluhkan karena dianggap mengganggu keindahan dan dapat menurunkan kepercayaan diri. Tidak heran banyak para ibu yang ingin sekali menyingkirkannya.

Apa Itu Sugar Rush Pada Si Kecil? Ketahui Faktanya Disini

Siapa yang tidak suka makanan manis? Jenis makanan satu ini menjadi makanan yang paling disukai anak-anak, lho. Tapi katanya, jika Si Kecil makan terlalu banyak gula bisa membuatnya mengalami sugar rush. Benar gak sih? Yuk, langsung aja cek faktanya disini!